Penerapan Teknologi Informasi Berbasis Website Dan Mobile Dalam Manajemen Iuran Warga Maha Semaya Ki Mantri Tutuan

                Warga Maha Semaya Ki Mantri Tutuan merupakan warga dari keturunan Ki Mantri Tutuan. Ki Mantri Tutuan adalah keturunan dari Raja Kelingga Jawa Timur yaitu Dalem Mangori. Berdasarkan data pada sekretariat Ki Mantri Tutuan, jumlah warga yang tercatat sebanyak +/- 6.150 keluarga. Warga tersebut tersebar di seluruh wilayah Bali dan luar pulau Bali. Dalam menunjang kegiatan upacara keagamaan dan pembangunan Pura, warga Ki Mantri Tutuan dikenakan iuran berupa iuran pembangunan dan cekrem. Iuran Pembangunan dikenakan apabila terdapat kegiatan pembangunan fisik Pura. Pembayaran iuran cekrem merupakan iuran wajib dilakukan setiap bulan. Pengelolaan data warga dan iuran warga Ki Mantri Tutuan dilakukan oleh pihak sekretariat warga dengan menerapkan Microsoft Excel. Pihak sekretariatmenerapkan teknologi macro pada Microsoft Excel untuk mengelola data warga dan iuran pembangunan warga. Teknologi macro memungkinkan untuk memasukan perintah Bahasa pemrograman Visual Basic pada file Microsoft Excel. Kendala yang dialami oleh pihak sekretariat dengan kondisi yang sedang berjalan adalah penyebaran informasi mengenai data warga dan iuran warga. Meskipun dalam pengelolaan data warga dan iuran terdapat koordinator wilayah yang tersebar disetiap wilayah, warga tetap menghubungi sekretariat pusat untuk menanyakan status pembayaran iuran yang disetorkan kepada koordinator wilayah. Hal tersebut tentunya membutuhkan waktu untuk membuka file excel warga dan melakukan pencarian data iuran warga. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan kegiatan pembangunan aplikasi berbasis website dan mobile untuk warga Ki Mantri Tutuan sebagai media keterbukaan informasi iuran warga dan kegiatan upacara keagamaan. Pembangunan sistem informasi manajemen dilakukan untuk menggantikan file excel yang selama ini hanya dapat diakses oleh sekretariat warga Ki Mantri Tutuan Gunaksa. Setiap data warga dan iuran akan dimasukan pada sistem informasi manajemen berbasis website secara online. Selanjutnya data pada sistem informasi manajemen iuran akan diakses melalui aplikasi mobile warga dengan menerapkan teknologi restful API (Application Programming Interface). Aplikasi mobile android untuk warga dapat diunduh melalui Google PlayStore
1.1. Tujuan Kegiatan
Tujuan Kegiatan ini adalah membangun sistem informasi website manajemen iuran warga dan aplikasi mobile untuk warga Ki Mantri Tutuan sebagai media keterbukaan informasi pengelolaan iuran pada Sekretariat Warga Ki Mantri Tutuan Gunaksa.
1.2. Manfaat Kegiatan
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengurus sekretariat warga memiliki sistem informasi berbasis website dan mobile dalam mengelola data warga dan iuran warga Ki Mantri Tutuan. Penerapan teknologi informasi ini berimbas pada kualitas pelaporan keuangan dan keterbukaan informasi antara secretariat dan warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *