Penataan Setra Pusat Tutuan

Setra adalah tempat pemakaman sementara bagi masyarakat Hindu untuk menunggu waktu yang tepat dalam melaksanakan upacara pembakaran mayat yang disebut dengan upacara Ngaben. Salah satunya Setra Pusat Maha Semaya Ki Mantri Tutuan Pratisentana Sira Dalem Mangori yang berjumlah 6.121 Kepala Keluarga yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dan Setra ini berlokasi di Desa Gunaksa tepatnya berada di lereng selatan Bukit Buluh dan berdampingan dengan dengan Pura Dalen Setra Tutuan. Namun keberadaan Setra ini belum sepenuhnya terpelihara dan ditata dengan baik mengingat masih focus pada pembangunan Pura Bukit Buluh yang terbakar. Tetapi tidak serta merta kita tidak pelihara atau tata walaupun baru sebagian kecil pelaksanaanya harus dilakukan pemeliharaan.

Setelah dilaksanakannya Upacara Pitra Yadnya di Desa Gunaksa secara masal pada Tanggal 26 Juni 2021, salah satunya Warga Tutuan ikut dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga pada Setra Tutuan tersebut kosong dari kuburan.

Pada Hari/Tanggal 04 Juli 2021 Warga Tutuan yang berdomisili di Desa Gunaksa selaku Pengempon langsung di Desa Gunaksa melakukan Rembug untuk penataan Setra Tutuan. Sehingga disepakati untuk segera melakukan pemeliharaan dan penataan kembali walaupun baru sebagian kecil dan dilaksanakan oleh Kelihan Gede dan Sorpa sebagai tim pelaksana di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *